Selasa, 10 November 2015

Darimana Peserta UKG Diperoleh atau Didata?

Darimana peserta UKG didata atau diperoleh? Peserta UKG 2015 diperoleh berdasarkan gabungan data guru yang bersumber dari Dapodik dan Padamu Negeri (meskipun 2015 sudah tidak berlaku). Di Indonesia ada Sebanyak 3.015.315 guru yang berasal dari jenjang TK, SD, SMP, SMA dan SMK yang akan mengikuti Tes UKG. Sehingga, data rekap calon peserta UKG dari gabungan Dapodik dan Padamu Negeri menjadi 2.949.122 orang.

Berdasarkan himpunan data dua pintu data tersebut, lalu diberikan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia untuk selanjutnya akan diverval (verifikasi dan validasi) kelengkapannya. Langkahnya sangat mudah kok, yaitu dengan cara memverifikasi data yang sudah ada di dinas pendidikan Kabupaten/Kota masing. Guru tidak perlu mendaftar, cukup verifikasi data, terutama untuk mata pelajaran diajar, dan tempat bertugas, karena kedua hal ini berkaitan dengan penentuan tempat uji kompetensi guru (TUK). Adapun batas waktu verifikasi sampai dengan 23 Oktober 2015.

Nahrekan pendidik sekalian, semoga informasi UKG mengenai Sumber atau Asal Pendataan Peserta UKG 2015 yang saya share bermanfaat untuk semua, terutama bagi rekan-rekan pendidik yang menjadi peserta UKG bulan November nanti untuk segera melakukan Verifikasi Data, dan bagi yang belum terdaftar secepatnya melakukan pendaftaran sesuai dengan prosedur yang ada.

Bagi rekan pendidik yang belum masuk ke dalam daftar peserta UKG 2015, masih bisa mengikuti UKG tahun berikutnya. Kita tinggal menunggu informasi dari dinas masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar